Strategi bisnis dibutuhkan oleh setiap jenis usaha, baik yang besar maupun yang kecil. Menurut Fred R. David dalam bukunya yang berjudul Manajemen Strategis Konsep, Edisi 12, Buku 1, kerangka analitis perumusan strategi dapat diterapkan untuk semua ukuran dan jenis organisasiserta dapat membantu para penyusun strategi mengidentifikasi, mengevaluasi, dan memilih strategi.
Adapun kerangka perumusan analitis strategi menurut Fred R. David terdiri atas 3 tahapan, yaitu :
- TAHAP 1 : TAHAP INPUT . Tahap ini berisi informasi input dasar yang dibutuhkan untuk merumuskan strategi. Adapun teknik dari tahap input terdiri dari :
- Matriks Evaluasi Faktor Eksternal (EFE)
- Matriks Profil Kompetitif (CPM)
- Matriks Evaluasi Faktor Internal (IFE)
- TAHAP 2 : TAHAP PENCOCOKAN. Tahap ini berfokus pada penciptaan strategi alternatif yang masuk akan dengan memperhatikan faktor-faktor eksternal dan internal utama. Adapun teknik dari tahap pencocokan terdiri dari :
- Matriks Kekuatan-Kelemahan-Peluang-Ancaman (SWOT)
- Matriks Posisi Strategis dan Evaluasi Tindakan (SPACE)
- Matriks Boston Consulting Group (BCG)
- Matriks Internal-Eksternal (IE)
- Matriks Strategi Besar
- TAHAP 3 : TAHAP KEPUTUSAN. Tahap ini menggunakan informasi input dari Tahap 1 untuk secara objektif mengevaluasi strategi-strategi alternatif yang diidentifikasi dari Tahap 2. Adapun teknik dari tahap keputusan adalah : Matriks Perencanaan Strategis Kuantitatif (QSPM)
No comments:
Post a Comment