Saturday, 2 January 2016

Definisi Strategi-Strategi Alternatif

Strategi-Strategi Alternatif :
  1. Integrasi ke depan : memperoleh kepemilikan atau kendali yang lebih besar atas distributor peritel.
  2. Integrasi ke belakang : mengupayakan kepemilikan atau kendali yang lebih besar atas pemasok perusahaan.
  3. Integrasi horizontal : mengupayakan kepemilikan atau kendali yang lebih besar atas pesaing.
  4. Penetrasi pasar : mencari pangsa pasar yang lebih besar untuk produk atau jasa saat ini di pasar yang ada sekarang melalui upaya-upaya pemasaran yang lebih baik.
  5. Pengembangan pasar : memperkenalkan produk atau jasa saat ini ke wilayah geografis baru.
  6. Pengembangan produk : mengupayakan peningkatan penjualan melalui perbaikan produk atau jasa saat ini atau pengembangan produk atau jasa baru.
  7. Diversifikasi terkait : menambah produk atau jasa yang baru namun masih berkaitan.
  8. Diversifikasi tak terkait : menambah produk atau jasa yang baru namun tidak berkaitan.
  9. Penciutan : pengelompokan ulang melalui pengurangan biaya dan aset untuk membalik penjualan dan laba yang menurun.
  10. Divestasi : penjualan suatu divisi atau bagian dari sebuah organisasi.
  11. Likuidasi : penjualan seluruh aset perusahaan, secara terpisah-pisah, untuk kekayaan berwujudnya.
Sumber : Buku Fred R. David yang berjudul Manajemen Strategis Konsep, Edisi 12, Buku 1

No comments:

Post a Comment